OKE

Python : Mengenal Komputer Grafis Dengan Modul Turtle (Pixel)

Modul dalam pemrograman interprater Python adalah merupakan objek Python yang dapat Anda gunakan dan dirujuk. Sederhananya, modul adalah file yang terdiri dari kode-kode Python dimana sebuah modul dapat mendefinisikan fungsi, kelas dan variabel. Selain itu modul juga menyertakan kode yang dapat langsung dijalankan.

Modul Turtle adalah fitur pada python berbentuk papan gambar (canvas) yang memungkinkan Anda memerintahkan Turtle (kura-kura) untuk menggambar sesuatu pada canvas. Turtle disini adalah diwakili oleh sebuah objek berbentuk panah dimana bisa digunakan dan berfungsi seperti kura-kura. Bisa diperintahkan untuk maju, kekiri atau kebelakang, yang dapat menggerakkan kura-kura tersebut. 

Modul ini biasanya dipergunakan untuk untuk memperkenalkan pemrograman dasar kepada peserta didik serta untuk memperkenalkan mengenai komputer grafis. Saat menggambar pada kanvas dengan menggunakan perintah-perintah yang ada pada modul ini, secara tidak langsung akan mengenalkan konsep PIXEL pada peserta didik.


Tutorial Modul Turtle

Sebelum memulai menggunakan dan menjalankan perintah pada Python, langkah pertama adalah mengimport modul Turtle kedalam Python untuk bisa dijalankan pada Python Shell dilanjutkan dengan  membuat Kanvas. Adapaun perintahnya adalah...

>>> import turtle

>>> t = turtle.Pen() ----> case senstive

Setelah itu, anda sudah bisa menggunakan semua fungsi atau perintah-perintah yang ada pada modul Turtle tersebut. Sebagai contoh, beberapa perintah yang dapat anda coba adalah...

  • >>> t.forward(100) = perintah menggambar sebanyak 100 pixel kearah depan (membentuk garis)
  • >>> t.backward(50) = perintah menggambar sebanyak 50 pixel mundur kebelakang (membentuk garis)
  • >>> t.left(90) = berputar 90 derajat kearah kiri ATAU
  • >>> t.left(270) = berputar 270 derajat kearah kanan (hasilnya sama)
  • >>> t.up() = memindahkan pointer (Pena) keatas (tanpa menulis di canvas)
  • >>> t.down() = memindahkan pointer (Pena) kebawah (tmenulis kembali di canvas)
  • >>> t.reset() = menghapus gambar/objek pada canvas dan pointer kembali keposisi default
  • >>> t.clear() = menghapus gambar/objek pada canvas dan posisi  pointer tetap

    Selamat mencoba!


    Related

    python 7321359018021322474

    Posting Komentar

    Terimakasih atas saran dan tanggapannya, segera akan dibalas !

    emo-but-icon

    Follow Me !

    Viral

    Arsip Blog

    Langgan

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner

    HIPPER

    HIPPER
    Harmoni Pendidik Pengajar Indonesia

    Tayangan

    item