Apa itu Kurikulum 2013 Revisi 2016 ?
https://www.fathur.web.id/2016/04/apa-itu-kurikulum-2013-revisi-2016.html
Bapak dan Ibu guru yang berasal dari sekolah-sekolah penyelenggara atau pelaksana Kurikulum 2013 baik yang telah beberapa tahun terakhir ini melaksanakan atau yang baru akan melaksanakan pada tahun ajaran mendatang (2016/2017) akan menemui beberapa perubahan dan perbaikan pada sisi Standar Isi dan Standar Penilaiannya.
Beberapa Isu Aktual yang akan banyak di bahas dan disinggung serta diselaraskan kembali dalam workshop K13 tahun 2016 ini diantaranya adalah mengenai Penilaian menggunakan angka pada skala 0 – 100, Penilaian Sikap, Penilaian Keterampilan, Ketuntasan Belajar, Soal HOTS, Syarat Kenaikan Kelas dan Model Raport yang memang selama ini begitu banyak menjadi buah pembicaraan dan diskusi dikalangan pendidik.
Dalam panduan penilaian edisi perubahan akan ditemui hal-hal sebagai berikut :
- Tidak terdapat nomenklatur kata ULANGAN
- Tidak terdapat Ulangan Tengah Semester (UTS)
- Penilaian dalam bentuk Ulangan Akhir Semester (UAS) yang selama ini adalah bagian dari tugas Pendidik, sekarang merupakan bagian dari penilaian Satuan Pendidikan dengan nomenklatur Penilaian Akhir Semester (PAS)
- Penilaian yang dilakukan oleh Pendidik dalam bentuk Penilaian Harian
- Penilaian yang dilakukan oleh Satuan Pendidikan dalam bentuk Penilaian Akhir dan Ujian Sekolah/Madrasah
- Penilaian Akhir meliputi Penilaian Akhir Semester & Penilaian Akhir Tahun
- Penilaian akhir tahun adalah kegiatan yang dilakukan oleh satuan pendidikan pada akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik pada akhir semester genap. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester genap
- Laporan hasil penilaian pendidikan pada akhir semester, dan akhir tahun (RAPOR) ditetapkan dalam rapat dewan guru berdasar hasil penilaian oleh Pendidik dan hasil penilaian oleh Satuan Pendidikan
- Hasil penilaian sikap dilaporkan dalam bentuk predikat dan/atau deskripsi;
- Hasil penilaian pengetahuan dan keterampilan dilaporkan dalam bentuk nilai, predikat dan deskripsi pencapaian kompetensi mata pelajaran;
Disisi lain ada perbaikan / revisi pada sisi Standar Isi dimana hampir semua mata pelajaran mengalami perbaikan pada KI-KD nya adapun KI-KD tersebut secara lengkap terlampir pada link berikut (khusus jenjang SMA). https://goo.gl/0Qh3rT atau http://gg.gg/agtifindo_k13_2016 .
(kemdikbud)
Lalu adakah perubahan signifikan mengenai mata pelajaran TIK ? jawabannya nanti pada tulisan kami berikutnya ya.
Terimakasih atas saran dan tanggapannya, segera akan dibalas !